KEBIJAKAN PRIVASI PENGGUNA

A. Ketentuan Umum
  • PT Aman Cermat Cepat ("KlikACC") adalah perusahaan yang telah terdaftar pada dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi ("POJK 77").
  • Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi ("Layanan") adalah layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka penyediaan fasilitas pinjaman  dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.
  • Layanan ini disediakan KlikACC sesuai dengan kebijakan, aturan ataupun prosedur internalnya yang dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai diskresinya ("Layanan KlikACC").
  • Layanan ini disediakan dan diberikan KlikACC melalui Platform KlikACC.
  • Platform KlikACC adalah (a) portal web dan atau versi mobile dari portal web yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh KlikACC yang saat ini terletak di dan dapat di akses pada URL berikut: www.klikacc.com dan ataupun www.klikacc.co.id berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu; dan/atau (b) aplikasi mobile dari www.klikacc.com dan www.klikacc.co.id yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh KlikACC, termasuk iOS dan android berikut perubahannya dari waktu ke waktu.
  • Kebijakan Privasi ini berlaku mengikat, dianggap telah dibaca, dipahami dan disetujui oleh seluruh pengunjung Platform KlikACC, khususnya Pengguna sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat 9 POJK 77, yaitu Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman yang menggunakan Layanan KlikACC atau memanfaatkan Platform KlikACC (selanjutnya seluruhnya disebut sebagai "Anda").
  • “Tim Layanan Konsumen” adalah tim internal KlikACC yang bertugas melayani para Pengguna Platform KlikACC sehubungan dengan manajemen Data Pribadi Pengguna.
B. Ketentuan Khusus
  • 1. Ruang Lingkup
    • KlikACC berkomitmen untuk mengupayakan perlindungan kerahasiaan Data Pribadi Anda sesuai dengan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dan tidak menggunakan Data Pribadi tersebut untuk tujuan apa pun selain untuk pemberian fasilitas Pinjaman dan pelaksanaan kegiatan usaha KlikACC, operasional maupun pemberian jasa dan layanan KlikACC atau pengoperasian Platform KlikACC sesuai dengan ketentuan Kebijakan Privasi ini, namun dengan ketentuan bahwa hal-hal di atas tidak berlaku untuk Data Pribadi yang:
      • suatu pihak dapat memperlihatkan bahwa pihak tersebut secara sah telah memiliki Data Pribadi tersebut sebelum pengungkapannya oleh pihak tersebut dan tidak diperoleh dari Pihak yang Mengungkapkan atau pihak lain yang terikat kewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh dari Pihak yang Mengungkapkan;
      • Data Pribadi tersebut umumnya diketahui publik dan waktu itu belum diketahui melalui setiap pelanggaran Hukum yang berlaku;
      • merupakan atau secara sah menjadi informasi yang diketahui umum, bukan karena pelanggaran oleh Pihak yang Menerima atau Perwakilannya;
      • Data Pribadi tersebut selanjutnya diperoleh secara sah oleh pihak tersebut tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain;
      • Data Pribadi tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah pengadilan, putusan pengadilan, putusan arbiter, institusi pemerintah, pejabat pemerintah atau menurut Hukum yang berlaku; dan/atau
      • Data Pribadi yang dapat dibuktikan secara tertulis telah dikembangkan sendiri oleh pihak yang menerima tanpa menggunakan Informasi Rahasia yang diungkapkan oleh pihak yang mengungkapkan.
    • Ruang Lingkup atau cakupan definisi Data Pribadi meliputi segala data, keterangan, informasi dan dokumen pengunjung, Pengguna dan/atau pihak terkait Pengguna (keluarga, rekan, karyawan, perusahaan, direktur, pegawai atau kuasanya, kuasa atau wali, pemilik, pemberi dana utama, partner, penyedia jasa bagi Pengguna, penjamin, penyedia jaminan lainnya, dan pihak-pihak lain yang terkait), pola atau kebiasaan Anda dalam penggunaan Platform KlikACC, profil risiko, portfolio pemberian pinjaman, sejarah pencarian atau penggunaan layanan serta sejarah transaksi yang Anda lakukan di Platform KlikACC, dan informasi terkait pola atau kebiasaan lainnya termasuk data, informasi dan dokumen terkait atau turunannya yang berhubungan dengan penggunaan dan/atau pengaksesan Platform KlikACC oleh Anda yang termasuk namun tidak terbatas pada Data Pribadi yang:
      • dipersyaratkan atau diperoleh KlikACC dari Pengguna atau diserahkan, disingkapkan, diunduh atau diajukan Pengguna melalui Platform KlikACC atau sumber daya KlikACC;
      • diperoleh dan/atau didapatkan dari pihak ketiga dengan persetujuan dari Anda;
      • dikumpulkan oleh KlikACC ketika Anda berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh KlikACC, seperti perayaan, seminar, workshop, program kontes atau penghargaan serta acara lainnya, yang dapat termasuk segala dokumentasi berupa foto, rekaman video dan/atau suara Anda;
      • diperoleh atau diakses secara sah oleh KlikACC berdasarkan kebijakan dan prosedur internal KlikACC terkait Layanan KlikACC selama Anda masih terikat pada Kebijakan Privasi ini; dan/atau
      • wajib diserahkan atau telah diberikan oleh Anda secara menurut ketentuan Perjanjian Berlangganan dan/atau Perjanjian Pinjaman atau secara sukarela dari waktu ke waktu.
  • 2. Tujuan

    KlikACC berhak meminta, memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi Anda dalam rangka atau terkait dengan upaya atau tujuan:

    • Mengelola akurasi informasi yang Anda berikan;
    • Asesmen, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap (i) permohonan atau aplikasi perolehan pinjaman; (ii) proses atau permohonan pendaftaran sebagai Pemberi Pinjaman; dan/atau (iii) profil Anda;
    • Pemenuhan hak dan kewajiban KlikACC berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, Perjanjian Berlangganan dan/atau Perjanjian Pinjaman;
    • Pelaksanaan dan pengawasan atas pelaksanaan Perjanjian Berlangganan dan/atau Perjanjian Pinjaman;
    • Pelaksanaan kegiatan usaha dan operasional KlikACC dari waktu ke waktu dengan iktikad baik;
    • Survey, riset, evaluasi dan/atau pengembangan produk atau layanan oleh KlikACC atau pihak terkait yang berkepentingan;
    • Mempelajari perilaku pengunjung dan Pengguna Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi; dan
    • Penegakan hukum dan kepatuhan KlikACC terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan.

    Tujuan-tujuan di atas tetap menjadi landasan bagi KlikACC untuk menyimpan, mengolah dan menggunakan Data Pribadi Anda yang diatur  pada Kebijakan Privasi ini, dan untuk menggunakannya, menyerahkannya atau menyingkapkannya dengan iktikad baik kepada:

    • bank, biro penilai kredit, agen, mitra, atau penyedia jasa penunjang lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada jasa perbankan, penagihan, pengiriman dana, administrasi, surat menyurat, telekomunikasi, pusat telepon, proses bisnis, perjalanan, visa, manajemen pengetahuan, sumber daya manusia, proses data, teknologi informasi, komputer, pembayaran, pengumpulan hutang, pengecekan referensi kredit, atau keamanan atau jasa lain yang berkepentingan selama terikat pada suatu tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Anda;
    • Individu dan/atau entitas yang merupakan pihak ketiga lainnya yang terkait atau merupakan bagian dari KlikACC dan berada dalam tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Anda untuk tujuan tertentu;
    • Individu dan/atau entitas, termasuk namun tidak terbatas pada Otoritas Jasa Keuangan, pengadilan, kejaksaan, kepolisian, institusi pemerintah lainnya baik atas inisiatif KlikACC atau sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, arahan, instruksi atau kebijakan institusi pemerintah atau pejabat pemerintah;
    • Setiap pihak atau calon pengalihan dari KlikACC atau pemindahan dari KlikACC dalam hubungannya dengan Penerima Pinjaman, atau seluruh maupun sebagian aset atau bisnis KlikACC; dan/atau
    • pihak-pihak yang memberikan atau mengajukan untuk memberikan jaminan atau jaminan pihak ketiga untuk menjamin atau menjaga kewajiban Penerima Pinjaman.
  • 3. Cara Perolehan, Pengumpulan dan Penyimpanan Data Pribadi

    KlikACC berhak memperoleh, mengumpulkan dan menyimpan Data Pribadi (secara terenkripsi) dari dan/atau melalui Platform KlikACC, telepon, diperoleh dari alat, sistem atau sumber daya KlikACC, dari pihak ketiga berdasarkan persetujuan Anda (termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat kredit), afiliasi atau pihak terkait maupun perwakilan KlikACC, maupun diakses KlikACC atau diajukan oleh Anda melalui atau diperoleh dari sistem, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) atau peralatan (devices) yang KlikACC atau Anda gunakan atau terlibat dalam pemanfaatan Layanan KlikACC atau Platform KlikACC.

    Penyimpanan Data Pribadi oleh KlikACC adalah selama paling singkat 5 (lima) tahun sesuai ketentuan 15 ayat (3) Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik. KlikACC akan melakukan penyimpanan ini sesuai kebijakan atau diskresinya, baik melalui sistem KlikACC atau sistem, server atau database pihak lain atau penyedia jasa pihak ketiga lain yang bekerjasama dengan KlikACC ("Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi") dengan tetap mengutamakan kerahasiaan atas Data Pribadi Anda
  • 4. Pernyataaan dan Jaminan
    • Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa segala informasi serta Data Pribadi yang diungkapkan dan diserahkan kepada KlikACC adalah benar dan akurat.
    • Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah mendapatkan segala persetujuan yang dibutuhkan dari pihak terkait sebagaimana disebutkan dalam nomor 1 huruf b pada Kebijakan Privasi ini, dalam hal Anda mengungkapkan, menyerahkan informasi maupun Data Pribadi milik pihak terkait tersebut untuk tujuan pemanfaatan Layanan KlikACC, sehingga KlikACC dapat memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi tersebut untuk Tujuan sebagaimana dijabarkan dalam Pasal 2 Kebijakan Privasi ini. 
  • 5. Batasan dan Ganti Rugi

    KlikACC berkomitmen untuk tidak memperjual-belikan Data Pribadi Anda kepada pihak manapun, dan termasuk mengupayakan sewajarnya bahwa setiap karyawannya tidak terlibat dalam kegiatan jual beli Data Pribadi Anda kepada siapapun. Namun KlikACC tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam wujud apapun atau resiko kerugian yang Anda alami atau Anda maupun pihak manapun akibat atau terkait dengan Data Pribadi tersebut meliputi kegagalan atas perlindungan kerahasiaan Data Pribadi, penyerahan, akses, perolehan, pengolahan, penyimpanan atau penggunaannya maupun pengalihannya, termasuk sengketa, investigasi, audit, penegakan hukum dan proses penyelidikan apapun, yang tidak terbukti disebabkan atau melibatkan KlikACC maupun karyawan, perwakilan, kuasa, afiliasi atau pihak terkait KlikACC lainnya ("Kerugian dan Masalah Hukum"). Demi kejelasan, kepastian hukum dan transparansi:

    • KlikACC tidak akan memberi ganti rugi, meresponi dan tidak dapat dilibatkan, berikut karyawan, anak perusahaan, afiliasi atau perwakilannya, atas setiap klaim, tuntutan, permintaan atau pernyataan apapun yang timbul dari atau terkait Kerugian dan Masalah Hukum yang diajukan tanpa menyertakan perhitungan pasti yang telah dikuantifisir, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian riil dan langsung (factual and direct damage) yang Anda alami, berikut bukti yang dapat diterima di oleh pengadilan atau institusi yudisial terkait mengenai kesalahan atau kelalaian KlikACC berdasarkan Pasal 1865 dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 164 Het Herziene Indonesisch Reglement dan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang sebagaimana diubah dengan Undang - Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
    • KlikACC tidak bertanggung jawab atas akurasi (kecuali Data Pribadi yang telah terverifikasi oleh KlikACC sesuai kebijakannya), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Anda dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Anda atau pihak manapun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan
    • KlikACC tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum Anda atau hak pihak ketiga manapun akibat atau terkait perolehan atau pemberian Data Pribadi. Dalam hal terdapat Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi, maka Anda tidak dapat menuntut, meminta ganti rugi atau manfaat apapun dari KlikACC maupun karyawan, kuasa, perwakilan, afiliasi atau pihak terkait KlikACC dalam hal terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi atau Kerugian dan Masalah Hukum yang melibatkan, disebabkan atau dilakukan pihak ketiga penyimpan Data Pribadi yang bersangkutan. Namun demikian, KlikACC tetap akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu Anda perihal pelanggaran kerahasiaan tersebut ketika KlikACC mengetahuinya dari pihak ketiga tersebut.
  • 6. Hak Pengguna Untuk Merubah, Menambah, Memperbaharui dan/atau Menghapus Data Pribadi
    • Untuk memastikan akurasi, keterbaruan dan penggunaan Data Pribadi Anda, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan kepada KlikACC untuk tujuan perubahan, penambahan, pembaruan dan penghapusan Data Pribadi yang sebelumnya telah diperoleh atau diajukan pada KlikACC.
    • Penghapusan Data Pribadi oleh KlikACC akan dilakukan dalam hal Pengguna melakukan penarikan persetujuan atas pemrosesan Data Pribadi yang dimilikinya dan/atau dalam hal Pengguna meminta KlikACC untuk menghapus Data Pribadi terkait, dengan tetap tunduk pada peraturan perundang - undangan yang berlaku.
    • Perubahan, penambahan, pembaharuan dan penghapusan Data Pribadi sebagaimana dimaksud huruf a diatas akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur internal KlikACC yang tahapannya adalah sebagai berikut:
      • Permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi oleh Pengguna wajib disampaikan melalui telepon, surat elektronik (e-mail) dan/atau live chat kepada KlikACC melalui Tim Layanan Konsumen;
      • Tim Layanan Konsumen melakukan verifikasi atas permohonan tersebut dalam kurun waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah diterimanya permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan;
      • Tim Layanan Konsumen memberikan informasi kepada Pengguna atas disetujui atau tidak disetujuinya permohonan setelah dilakukannya verifikasi;
      • KlikACC melakukan perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan Data Pribadi yang diminta dalam jangka waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah Tim Layanan Konsumen menyampaikan kepada Pengguna bahwa permohonan untuk perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan telah disetujui; dan
      • Tim Layanan Konsumen akan menyampaikan kepada Pengguna terkait perubahan, penambahan, pembaharuan, atau penghapusan Data Pribadi yang telah dilakukan.
    • Dalam hal Data Pribadi yang diberikan kepada KlikACC merupakan Data Pribadi milik anak di bawah umur (yaitu berusia dibawah 18 tahun), maka orang tua atau wali anak tersebut dapat meminta penghapusan Data Pribadi yang dimaksud dengan mengirimkan permohonan kepada KlikACC dengan mengikuti tata cara sebagaimana disebutkan dalam huruf c
  • 7. Perubahan Kebijakan Privasi
    KlikACC dapat melakukan perubahan atau pembaruan atas Kebijakan Privasi pada halaman ini dari waktu ke waktu dan apabila diperlukan perubahan atau pembaruan tersebut akan diberitahukan melalui email dan/atau melalui cara lainnya kepada Pengguna. Anda disarankan untuk membaca dengan cermat, teliti, dan seksama serta memeriksa setiap ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui setiap perubahan yang dibuat dalam Kebijakan Privasi ini.

Pembaruan Terakhir: [5 Maret 2020]

Livechat CS KlikACC